Selasa, 24 Desember 2013

Alydidae



Alydidae merupakan keluarga serangga yang dikenal dengan “Serangga berkepala besar”, keluarga dari serangga ini berkerabat dekat dengan Coreidea. Terdapat 250 spesies dari 40 genus yang ada pada keluarga ini. Pada umumnya penyebaran dari serangga ini yatu dibagian bumi yang beriklim tropis dan subtropis. Pada wilayah Eropa hanya terdapat 10 spesies dan di luar mediteranin hanya 2 spesies.   

Serangga memang hewan yang sangat unik, keunikan dari keluarga Alydidae ini yaitu, pada saat nimfa, sayap yang ada pada tubuhnya tereduksi menyerupai semut seperti (Dulichius inflatus dan Hyalymenus spp)  dan yang uniknya terkadang serangga keluarga ini tingga di sarang semut bersama dengan semut-semut yang lainnya. 

Habitat dari keluarga Alydidae ini pada tempat yang berpasir dan cukup kering seperti padang rumput dan sabana. Makan utamanya bibit, yang mereka cari didalam tanah dengan menusukkannya kedalam tanah dan meminum cairan yang terkandung didalamnya. Hewan ini sering disebut oleh para petani sebagai hama. 
Alydidae

Tidak ada komentar:

Posting Komentar